Journal article

Strategi pemasaran pada masa pandemi di hotel sofitel bali nusa duabeachresort bali

Anjelina Br Pardede AGUNG SRI SULISTYAWATI I Nyoman Tri Sutaguna

Volume : 8 Nomor : 2 Published : 2024, December

Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas

Abstrak

AbstrakHotelSofitelBaliNusaDuaBeachResortmerupakansalahsatuhotelyangberbintalimaberlokasididaerahPariwisisataelitITDC(InternasionalTourismDevelopmentandCoorpporation)diNusaDua,Bali.SemenjakawalpandemiCOVID-19padatahun2020pariwisatadiBalimenurundrastissertamenciptakan hotel-hotel di Bali mengalami penurunan. Salah satu Hotel yang terdapat di kawasan WisataNusa Dua adalah Hotel Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort dan merupakan hotel yang terkena dampakpandemi COVID-19 ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan diHotelSofitelBaliNusaDuaBeachResortdanprogram-programpemasaranpadaHotelSofitelBaliNusaDuaBeachResort, Bali.Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif sedangkan untuksumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik penumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara,studikepustakaandanpenyebarankuesioner100responden.Teknikanalisisdatayangdigunakan adalah deskriptifkualitatif yang diuraikandenganmenggunakan matriksSWOT.Hasil dari penelitian ini adalah bauran pemasaran yang telah diterapkan pada Hotel Sofitel Bali NusaDua Beach Resort adalah Strategi SO: Strategi meningkatkan dan mempertahankan keunggulan dan sertameningkatkan dan memperluas jaringan promosidengan memanfaatkan semua media yang ada. Strategi ST:Strategi memeperluas jaringan pasar dan menciptakan produk-produk yang baru. Strategi WO: Strategi yangmelengapi fasilitas penunjang hotel yang masih kurang serta menambah pilihan transportasi untuk wisatawanyangmenginapdiHotelSofitelBaliNusaDua.StrategiWTstrategimenjalinhubunganbaikdenganwisatawan dan rekan bisnis untuk bisnis yang berkelanjutan dikemudian hari. Manajemen Hotel Sofitel BaliNusa Dua Beach Resort hendaknya dapat meningkatkan fasilitas yang masih dinilai masih kurang demikelancaran operasional dan meningkatkan keahlian dari sumber daya manusia dengan cara memberi beberapapelatihan tambahan.Kata Kunci:StrategiPemasaran, AnalisisSWOT, Covid-19