Journal article

Persepsi Wisatawan Terhadap Kreativitas Bartender Bartenderss Dilagoon Bar Ramada Encore Hotel Seminyak Bali

Kitty Febrianti IDA BAGUS KETUT ASTINA I Nyoman Tri Sutaguna

Volume : 7 Nomor : 2 Published : 2024, January

Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas

Abstrak

Pada saat ini persaingan di industri parwisata memang sangat ketat, Ramada Encore Hotel merupakan salah satu hotel bintang 4 yang ikut bersaing dalam perkembangan pariwisata diwilayah kuta. Penelitia ini bertujuan untuk mengetahui persepsi wisatawan terhadap kreativitas bartender/bartenderss di Lagoon Bar Ramada Encore Seminyak. Jenis data yang digunakan ialah data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuisioner, dan studi kepusatakaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probabilitty sampling. Sedangkan jumlah sampelnya adalah 100 wisatawan yang berkunjung ke Lagoon Bar Ramada Encore Seminyak Bali. Teknik Penentuan informan mengunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Kemudian dapat dilakuakn pengambilan sampel dengan menggunakan skala likert Hasil Penelitian ini, menunjukan bahwa persepsi wisatawan terhadap Kreativitas Bartenders/Bartenderss dLagoon Bar Ramada Encore Seminyak. Bali terdapat 4 indikator yakni keterampilan penyajian dan dan pemesanan minuman sebagain besar memilih Baik dengan Rata- rata 3,69, Sedangkan pada indikator pembuatan minuman, racikan minuman, kesalahan atraksi ialah dengan rata secara keseluruhan 3,60. Dan indikator penampilan dan Hygiene & sanitation ialah 3,38. Dan total keseluruhan skor persepsi wisatawan terhadap kreativitas Bartender/Bartenderss di Lagoon Bar Ramada Encore Hotel Seminyak Bali. Adalah 3,823 atau dengan rata – rata 3,47 persen.