Journal article
Pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap kepuasanpelanggandi mangsitropical denpasa
Ni Luh Putu Erisca Putri AGUNG SRI SULISTYAWATI I Nyoman Tri Sutaguna
Volume : 8 Nomor : 2 Published : 2024, December
Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas
Abstrak
AbstrakJudul Usulan Penelitianini adalah Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan terhadap KepuasanPelanggan di Mangsi Tropical Denpasar. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruhkualitas produk dan pelayananterhadap kepuasan Pelanggandi Mangsi Tropical Denpasardan berapa besarpengaruhkualitasprodukdanpelayananterhadapkepuasanPelanggandiMangsiTropicalDenpasar.Jenisdansumber data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukanmenggunakanobservasikelokasipenelitian,wawancara,penyebarankuesioner,studikepustakaandandokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengambilansampel menggunakan non-probability sampling yaitu accidental sampling dengan jumlah yang ditentukanmelalui pendekatan slovin yaitu diperoleh sebanyak 60 orang. Untuk menganalisis data digunakan teknikanalisisstatistikdeskriftifyangdipresntasikanmenggunakanskalalikertdanstatisticinferensial.Hasilpenelitian menunjukkan secara pasrial kualitas produk dan pelayanan memiliki pengaruh yang positif dansignifikan. Dengan menggunakan perbandingan antara thitung dengan ttabel maka diperoleh thitungdari variabelKualitas Produk atau X1 adalah sebesar 6,740 dengan ttabel sebesar 2,002. Jadi dapat dilihat bahwa thitung > ttabelatau6,740>2,002.SedangkanvariabelkualitaspelayananatauX2mempunyaithitungsebesar2,073denganttabelyaitu sebesar 2,002 Jadi dapat dilihat bahwa thitung > ttabelatau 2,073 > 2,002. Variabel yang lebih dominanmempengaruhi kepuasan pelanggan adalah kualitas produk. Dimana nilai kontribusi variabel kualitas produkadalahsebesar58,43%,sedangkan nilaikontribusivariabelkualitaspelayananadalahsebesar15,43%.KataKunci:KualitasProduk,KualitasPelayanan,KepuasanPelanggan