Journal article
Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi konsumen memilih makanan organik di restaurant sari organik ubud bali
Michell Layendra ANAK AGUNG PUTRI SRI I Nyoman Tri Sutaguna
Volume : 5 Nomor : 2 Published : 2021, November
Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas
Abstrak
DiiUbudidewasaiiniidapatidilihatibahwairestoraniorganikipuniramaiididatangiiolehipengunjung,ihal itersebutidapatidiartikanibahwaibanyakipengunjungiyangimenaruhiminatidalamimengkonsumsi imakanan iorganikiwalaupunidiizamanisekarangiiniimakananicepatisajiilebih imudahidijumpai. iTujuan ipenelitian i ini idilakukaniuntukimengetahuiifaktoriyangimempengaruhiidanifaktoridominan iyang i motivasi i konsumen imemilih imakananiorganikidiirestaurantiSariiOrganikiUbudiBali.iTeknikiaccidental i samplingi digunakan i d e n g a n i m e m b a g i k a n i k u e s i o n e r i k e p a d a i 1 0 0 i k o n s u m e n iy a n g i b e r k u n j u n g i k e ir e s t a u r a n t i t e r s e b u t . i T e k n i k ipengumpulan idata iberupa iobservasi, ikuesioner, iwawancara itidak iberstruktur, istudi ipustaka, idan idokumentasi.iTeknisianalisisifaktoridenganimenghitungikorelasiiindikator,iekstraksiifaktor,irotasiifaktoridan iinterprestasiifaktoridenganibantuanisoftwareiSPSSiversioni16.0iforiwindows.Hasilipenelitianimenunjukan ibahwaihasilianalisisifaktoriterdapati10iindikatoriyangidiianalisis.iDariihasilianalisisifaktoritersebutiterdapat i 2 i f a k t o r iy a n g i t e r b e n t u k i y a n g i d a p a t im e n j e l a s k a n i5 5 , 2 7 0 % id a r i i t o t a l i v a r i a n s i y a n g ia d a . iD a r i i k e d u a i f a k t o r iyangiterbentukiadalahifaktoripertamaiyaituiHargaidanifaktoriyangikeduaiyaituiProduk.Faktoridominaniyang imempengaruhiimotivasiikonsumenimemilih imakananiorganikidiirestaurantiSariiOrganikiUbudiBaliiadalah ifaktoriProdukidenganitotalikorelasii2,255imelebihiifaktoriHargaiyaitui1,500.iJadiidapatidisimpulkanibahwa ifaktoriProdukidapatimempengaruhiikonsumenidalamimemilih imakananiorganik. Kataikunci:iFaktor,iMotivasiiKonsumen,iMakananiOrganik