Journal article

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI UPAYA PEMASARAN POTENSI AGROWISATA DI DESA CATUR KECAMATAN KINTAMANI BANGLI

Putu Agus Wikanatha Sagita I NYOMAN SUDIARTA I Made Kusuma Negara NI MADE OKA KARINI

Volume : 16 Nomor : 1 Published : 2017, January

Buletin Udayana Mengabdi

Abstrak

ABSTRAK Desa Catur yang terletak di Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli dikenal sebagai penghasil produk pertanian yang cukup berkualitas. Salah satu yang diunggulkan adalah kopi arabika yang lebih dikenal dengan merek “Kopi Kintamani Bali”. Panorama alam yang indah dan keunikan budaya yang juga terdapat di Desa Catur berpeluang untuk menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk merespon harapan masyarakat,Desa Catur yang berkeinginan untuk mengangkat potensi agrowisata sebagai upaya dalam meningkatkan pendapatan. Pada tahap awal, hal yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan identifikasi potensi pariwisata yang ada. Penerapan teknologi informasi kemudian dirasa penting untuk meraih potensial demand, mengingat sumber daya yang masih terbatas. Dalam pengabdian ini telah berhasil dibangun sebuah website dengan nama domain www.caturvillage.com yang terintegrasi dengan beberapa jenis media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Google+. Informasi mengenai potensi agrowisata Desa Catur dituangkan dalam bentuk artikel yang diposting pada berbagai media elektronik tersebut. Masyarakat Desa Catur khususnya generasi muda juga diberikan pemahaman sekaligus cara pengoperasian website dan media sosial. Hal tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat Desa Catur dalam memasarkan potensi agrowisata yang ada. Kata kunci : agrowisata, teknologi informasi, kopi kintamani, Desa Catur, pemasaran. ABSTRACT CaturVillage which located in Kintamani District Bangli Regency known as producer of agricultural products with quite good quality. One of the favored is arabica coffee better known by the brand “Kintamani Bali Coffee”. Beautiful natural scenery and cultural uniqueness, which also there in Catur Village have chance to attract tourists to visit. The purpose of this community service is to respond the Catur Village people's expectations who intend to raise the agro- tourism potential up to increase revenue. In the early stages, thing to do is to identify the existing tourism potential. Information technology application then considered essential to achieve the potential demand with limited resources. In this service, a website has been built with domain name www.caturvillage.com integrated with some social media such as Facebook, Twitter, and Google+. Information of Catur Village tourism potential put in article posted on those various electronic media. Catur Village people especially the young generation were given the website and social media understanding as well as the operating procedure. It is expected to help the villagers to market the existing agro-tourism potential. Keywords : agro-tourism, information technology, kintamani coffee, Catur Village, marketing.