Journal article

FAKTOR KEPUASAN WISATAWAN PENGGUNA TRANSPORTASI LAUT DARI BALI KE GILI TRAWANGAN

Syukriyan Abrar Syah NI GUSTI AYU SUSRAMI DEWI Putu Agus Wikanatha Sagita

Volume : 6 Nomor : 2 Published : 2018, December

Jurnal IPTA

Abstrak

Abstract: This research aims to analyze factors affecting the satisfaction of tourists in the use of marine transportation from Bali toward Gili Trawangan. The benefits of this research useful to the company in improving the services for tourists who will use the services of a crosswalk leading to Gili Trawangan. The respondents in this research totalled 190 respondents, the selection of the sample using the method of purposive sampling, the data in this study were analyzed using the analysis factors that help by statistikal program SPSS version 17.0 for windows. The results of this study are: 1) the satisfaction of tourists in the use of sea transport in general are at a level of satisfaction. 2) there are three factors that affect the satisfaction of tourists formed i.e. factors quality of maids, the cost factor & ease factors and product quality. Quality of service factor is the most dominant factor influencing the satisfaction of travellers with variable reliability as the dominant variables, and the variable availability schedule is a variable that must be improved. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan wisatawan dalam penggunaan transportasi laut dari Bali menuju Gili Trawangan. Manfaat dari penelitian ini berguna untuk perusahaan dalam meningkatkan pelayanan bagi wisatawan yang akan menggunakan jasa penyeberangan menuju Gili Trawangan. Responden dalam penelitian ini berjumlah 190 responden, pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling, data dalam penelitian dianalisis menggunakan analisis faktor yang di bantu oleh program statistikal SPSS version 17.0 for windows. Hasil penelitian ini adalah: 1) kepuasan wisatawan dalam penggunaan transportasi laut secara umum berada pada tingkat puas menurut skala interval kepuasan dengan 19 variabel yang dinilai. 2) terdapat 3 faktor terbentuk yang mempengaruhi kepuasan wisatawan yaitu faktor kualitas pelayan dengan eigenvalue sebesar 6.670, faktor biaya & kemudahan dengan eigenvalue sebesar 1.747 dan faktor kualitas produk dengan eigenvalue sebesar 1.465. Faktor kualitas pelayanan merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi kepuasan wisatawan dengan variabel keandalan sebagai variabel paling dominan, dan variabel ketersediaan jadwal adalah variabel yang harus ditingkatkan. Keywords: The satisfaction of tourists, marine transportation, Gili Trawangan.