Journal article

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WISATAWAN DALAM MELAKUKAN PEMESANAN AKOMODASI MELALUI ONLINE TRAVEL AGENTS DI KAWASAN WISATA UBUD

Putu Agus Wikanatha Sagita I Made Kusuma Negara

Volume : 7 Nomor : 2 Published : 2019, December

Jurnal IPTA

Abstrak

Abstract: This study aims to (1) Identifying the characteristics of tourists who have booked accommodation through Online Travel Agents in Ubud Tourist Area, (2) Identifying factors that encourage tourists to book accommodation through Online Travel Agents in Ubud Tourist Area , (3) Identifying what is the most dominant factor encouraging tourists to book accommodation through Online Travel Agents in Ubud Tourist Area. Data in this study was conducted with observation, interview, questionnaire and literature study techniques. Data analysis technique used is quantitative descriptive analysis and factor analysis. The characteristics of respondents in this study based on age are dominated by tourists with an age range of 21-30 years, which is 53.3% or with a total of 96 people. Based on the length of stay dominated by tourists who stay 1-4 days, which is 57.8% or with a total of 104 people. The Online Travel Agent most used by respondents is booking.com, which is 48.9% or used by 88 people. Based on the analysis of factors produced four factors that influence tourists who book accommodations through online travel agents in the Ubud Tourist Area, namely 1) Efficiency factors: (a) Saving Energy, (b) Saving Time, (c) Shopping every time. 2) Preference Factors: (a) Economical, (b) Product Use, (c) Price Competition, and (d) References. 3) Psychological Factors: (a) Learning, (b) Perception, (c) Motivation, and (d) Facilities and Infrastructure. 4) Trust Factors: (a) Trust in the Internet, (b) Trust in Applications, and (c) Security Perceptions. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi karakteristik wisatawan yang melakukan pemesanan akomodasi melalui Online Travel Agents di Kawasan Wisata Ubud, (2) Mengidentifikasi Faktor – faktor apakah yang mendorong wisatawan dalam melakukan pemesanan akomodasi melalui Online Travel Agents di Kawasan Wisata Ubud, (3) Mengidentifikasi Faktor apakah yang paling dominan mendorong wisatawan dalam melakukan pemesanan akomodasi melalui Online Travel Agents di Kawasan Wisata Ubud. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif serta analisis faktor. Karakteristik responden dalam penelitian ini berdasarkan umur didominasi oleh wisatawan dengan rentang umur 21-30 tahun, yaitu 53,3% atau berjumlah 96 orang. Berdasarkan lama tinggal didominasi oleh wisatawan yang tinggal 1-4 hari, yaitu sebesar 57,8% atau berjumlah 104 orang. Adapun Online Travel Agent yang paling banyak digunakan oleh responden adalah booking.com, yaitu sebesar 48,9% atau digunakan oleh 88 orang. Berdasarkan analisis faktor dihasilkan empat faktor yang mempengaruhi wisatawan yang melakukan pemesanan akomodasi melalui online travel agents, yaitu 1)Faktor efisiensi: (a)Menghemat Tenaga , (b)Menghemat Waktu, (c)Berbelanja setiap waktu. 2)Faktor Preferensi: (a)Hemat, (b)Penggunaan Produk, (c)Persaingan Harga, (d) Referensi. 3)Faktor Psikologis: (a)Pembelajaran, (b)Persepsi, (c)Motivasi, (d)Sarana dan Prasarana. 4)Faktor Kepercayaan: (a)Kepercayaan pada Internet,(b) Kepercayaan pada Aplikasi, (c)Persepsi Keamanan. Keywords: digital tourism, online travel agents, tourist accommodation.