Journal article

Aplikasi Game Edukasi Pasang Pageh Aksara Bali Berbasis Android

NI KADEK AYU WIRDIANI ANAK AGUNG KETUT AGUNG CAHYAWAN WIRANATHA Dharma Prateka Atmaja

Volume : 2 Nomor : 2 Published : 2015, November

Scientific Journal Of Informatics

Abstrak

Aksara Bali sudah menjadi salah satu mata pelajaran wajib untuk siswa mulai dari Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah Akhir. Keluhan siswa yang tertampung dalam angket orang tua siswa menunjukkan terdapat sebanyak 52,86% yang menyatakan bahwa pelajaran Bahasa Bali khususnya Pasang Pageh Aksara Bali dirasakan susah oleh anak-anak mereka. Seiring perkembangan teknologi permasalahan tersebut dapat ditanggulangi dengan sebuah metode pembelajaran baru di bidang Teknologi Informasi yaitu salah satunya dengan memanfaatkan teknologi Smartphone Berbasis Android. Pembelajaran Pasang Pageh Aksara Bali diimplementasikan ke dalam sebuah game edukasi berbasis Android menggunakan metode drag and drop dan dirancang semenarik mungkin, dengan tujuan agar minat belajar anak-anak untuk mempelajari Pasang Pageh Aksara Bali lebih meningkat. Hasil survey masyarakat terutama anak-anak, Game “Pasang Pageh Aksara Bali” mendapatkan respon yang baik sebagai media bantu dalam mempelajari Pasang Pageh Aksara Bali, dengan persentase 67% menarik dalam aspek grafis, 50% baik dalam aspek rekayasa perangkat lunak, 74% baik dalam aspek entertainment, dan 60% dipahami dalam aspek konten. Kata Kunci: Aksara Bali, Pasang Pageh, Game Edukasi