Journal article

Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Model Tatanan Rambut pada Barbershop Berbasis Android

Putu Adistyanda Timoti Raja Karda I Made Arsa Suyadnya DUMAN CARE KHRISNE

Volume : 1 Nomor : 1 Published : 2018, April

SINTECH (Science and Information Technology) Journal

Abstrak

Berkembangnya barbershop membuat persaingan bisnis menjadi semakin ketat. Saat ini, teknologi informasi dan komunikasi sangat berperan penting di bidang pemasaran barbershop. Tetapi teknologi ini hanya menampilkan detail dari keberadaan barbershop. Selain itu, katalog model rambut yang banyak disediakan hanya dalam bentuk gambar 2 dimensi. Oleh karena itu, diperlukan teknologi yang lebih maju untuk mempromosikan model tatanan rambut yang tersedia di barbershop. Salah satu teknologi yang dapat diterapkan adalah Augmented Reality pada smartphone dengan sistem operasi Android. Pada penelitian ini akan dikembangkan sebuah media promosi berbasis Augmented Reality untuk mempromosikan model tatanan rambut dengan visualisasi objek 3 dimensi menggunakan metode marker based tracking. Pengembangan aplikasi ini dimulai dari tahapan pembuatan konsep, pembuatan desain aplikasi, pembuatan objek 3 dimensi, perakitan aplikasi, pengujian aplikasi, hingga tahap pendistribusian aplikasi. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman C#, Vuforia Qualcomm, software Autodeks Maya dan Unity. Aplikasi yang telah dihasilkan dilakukan pengujian dengan 2 metode yaitu dengan pengujian black – box dan dengan pengujian system usability scale. Pada pengujian black – box aplikasi Augmented Reality Barbershop keseluruhan fungsional yang ada pada aplikasi dinyatakan telah berhasil dijalankan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Berdasarkan hasil survey pada pengujian System Usabilty Scale (SUS), 20 responden memberikan skor rata-rata sebesar 73,35 dengan Grade Scale C. Kata Kunci: augmented reality, marker based tracking, pengujian black-box, system usabilty scale (SUS)