Journal article
Analisa Penggunaan WebRTC dan Websocket pada Real Time Multiplayer Online Game Tradisional Ceki
Gede Humaswara Prathama NI MADE ARY ESTA DEWI WIRASTUTI Yoga Divayana
Volume : 18 Nomor : 1 Published : 2019, April
Majalah Ilmiah Teknologi Elektro
Abstrak
Ceki adalah salah satu permainan kartu tradisional yang pernah cukup popular di Malaysia, Singapura dan Indonesia. Di Bali permainan ceki sudah menjadi tradisi, dimana permainan ceki dimainkan saat adanya kegiatan masyarakat. Multiplayer online games adalah salah satu cara untuk mengenalkan dan mengembangkan games tradisional menjadi lebih menarik untuk dimainkan. Permasalahan yang sering dihadapi untuk mengembangkan multiplayer online game diantaranya adalah permasalahan latency yang berbeda dari masing-masing pemain sehingga bisa mengganggu permainan dari pemain lain yang memiliki latency lebih baik. Pada penelitian ini akan dibangun real time multiplayer online game untuk memainkan permainan tradisional ceki, menganalisa tentang bagaimana aturan-aturan dari permainan tradisional ceki yang didapat dari aturan permainan masyarakat Bali akan diterapkan pada game engine dari multiplayer online game, bagaimana implementasi arsitektur multiplayer online game pada web-browser yang berbasis client-server dan peer to peer. Fokus dari penelitian ini adalah pada performansi dari penggunaan websocket dan webRTC terhadap latency pada sinkronisasi data yang mendukung real time multiplayer online game berbasis koneksi peer to peer. Dilihat dari rata-rata latency yang dibutuhkan untuk sinkronisasi data antara websocket dibandingkan dengan webRTC, dapat disimpulkan bahwa penggunaan webRTC memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap latency. Jumlah pemain tidak berpengaruh pada latency baik pada websocket maupun webRTC.