Journal article
Mekanisme Aus Baja Karbon AISI 1065 pada Permukaan Kontak Basah Akibat Beban Kontak Gelinding-Luncur
I MADE WIDIYARTA I MADE PARWATA I MADE GATOT KAROHIKA I PUTU LOKANTARA Made Arie Satryawan
Volume : 8 Nomor : 1 Published : 2015, April
Jurnal Energi Dan Manufaktur (JEM)
Abstrak
Dalam proses kontak gelinding-luncur, permukaan kontak yang basah karena terperangkapnya air di daerah permukaan kontak dapat mengurangi kontak adhesi [Chen et al., Wear 253 (2002)]. Kondisi tersebut mungkin dapat mempengaruhi mekanisme kegagalan aus material. Pada penelitian ini, tingkat keausan dan mekanisme aus material akibat beban gelinding-luncur pada kondisi permukaan kontak basah diinvestigasi. Uji keausan dilakukan dengan alat uji kontak dua disk dan material uji dipilih adalah baja karbon 0.65%C dengan tekanan maksimum 750MPa dan rasio slip-roll 5%. Untuk uji aus pada kondisi kontak basah, air diteteskan secara kontinyu pada permukaan kontak disk. Dari hasil uji terlihat dengan adanya air dipermukaan kontak, tingkat keausan yang terjadi mengalami penurunan yang cukup besar sekitar 50% yaitu dari 6x10-4 um/putaran untuk kontak kering menjadi 3x10-4 um/putaranpada kontak basah. Hal ini dapat terjadi mungkin diakibatkan oleh air yang ada dipermukaan kontak mampu membatasi areal kontak antara dua meterial kontak tersebut sehingga menurunkan gesekan yang terjadi dan mengakibatkan keausan menurun. Pada kontak basah, material yang mengalami regangan geser plastis hanya terjadi higga kedalaman kurang dari 100 dan pada kontak kering regangan geser plastis dapat terjadi hingga kedalaman sekitar 400 um.