Journal article

Perbaikan Performa Traksi dengan Modifikasi Rasio Gigi Tansmisi

I GUSTI AGUNG KADE SURIADI I Ketut Adi Atmika I MADE DWI BUDIANA PENINDRA

Volume : 7 Nomor : 2 Published : 2014, October

Jurnal Energi Dan Manufaktur (JEM)

Abstrak

Perbaikan Performa Traksi dengan Modifikasi Rasio Gigi Tansmisi I Gusti Agung Kade Suriadi1) , I Ketut Adi Atmika1)* , I Made Dwi Budiana Penindra1) 1)Jurusan Teknik Mesin, Universitas Udayana Kampus Bukit Jimbaran, Bali 80362 Email: gungsuriadi@yahoo.co.id, tutadi@me.unud.ac.id Abstrak Salah satu aspek penting dalam menentukan daya saing suatu produk otomotif adalah kemampuan atau performa traksi, yaitu kemampuan kendaraan untuk melakukan percepatan, melawan hambatan angin, melawan hambatan rolling, melawan gaya tanjakan dan kemungkinan untuk menarik suatu beban. Besar kecilnya traksi untuk setiap tingkat gigi serta kecepatan kendaraan yang mampu dicapai dapat dikendalikan dengan mengatur rasio dan tingkat transmisi. Rasio transmisi berpengaruh terhadap besarnya torsi yang dapat ditransmisikan, sedangkan jumlah tingkat kecepatannya berpengaruh terhadap kehalusan proses transmisi dan transformasi daya pada sistem transmisi tersebut. Untuk mencari perbandingan gigi antara tingkat transmisi terendah dan tertinggi adalah dengan cara progresi geometri. Dasar dari penggunaan metode ini adalah untuk mendapatkan rasio dan jumlah tingkat kecepatan gigi transmisi pada daerah kecepatan operasi mesin yang sama sehingga fuel economy pada setiap gigi akan sama. Modifikasi rasio gigi menghasilkan kurva traksi dimana jarak kurva gigi yang berdekatan semakin dekat. Hal ini menunjukkan kehilangan daya waktu pemindahan gigi transmisi semakin kecil, atau dengan kata lain kinerja traksinya semakin baik. Perancangan rasio dengan pemasangan 6 tingkat kecepatan,menghasilkan kurva traksi dengan jarak antara kurva traksi sangat dekat, berarti kinerja traksinya paling baik. Kata kunci: Gaya traksi, rasio gigi, jumlah tingkat kecepatan, hambatan rolling. Abstract One of important aspect in determining competitiveness of a product otomotif is traction performance, that is ability vehicle to incressing the acceleration, melawan of wind resistance, overcoming of rolling resistance, overcoming of grade resitance and possibility to draw an burden. The level of traction from gear ratio stage and also vehicle speed capable to be reached manageable by arranging ratio and number of level transmission. Transmission ratio have an effect on to level of torque which can transmission, while amount mount its speed have an effect on to softness process the transmission and transformasi energy at the transmission system. Giving for the gear ratio by progresi geometry method. Elementary from this method use is to get the ratio and sum up the level of speed at speed area operate for the same machine so that fuel economy in each gear ratio will be equal. Modification of gear ratio giving the traction curve where nearby gear ratio curve distance closer. Ratio scheme with the installation 6 stage of kecepatan giving traction curve with the distance of traction curve sting near by, meaning best performance traction. . Keywords: Traction, gear ratio, amount level stage, rolling resistance