Journal article

Simulasi Perubahan Prilaku Regangan Geser Material Rel Pada Perubahan Suhu Permukaan Kontak Akibat Beban Gelinding-Gesek

I MADE WIDIYARTA

Volume : 5 Nomor : 1 Published : 2011, April

Jurnal Energi Dan Manufaktur (JEM)

Abstrak

Beban oleh roda kereta api pada rel dapat mengakibatkan material rel di permukaan kontak mengalami regangan geser plastis cukup besar. Bila akumulasi regangan geser plastis tersebut melampaui batas kritis regangan geser material, maka kegagalan material seperti keausan (ratcheting wear) dan retak lelah (fatigue) dapat terjadi. Pada saat roda kereta api menggelinding diatas rel, panas dapat timbul pada permukaan kontak karena gesekan dan juga dapat menimbulkan tegangan termal. Bila peningkatan suhu tersebut cukup tinggi maka dapat menurunkan kekuatan material rel. Simulasi komputer dibuat ntuk mempelajari prilaku regangan geser pada material rel karena peningkatan suhu permukaan kontak akibat gesekan saat terjadinya kontak gelinding/gesek antara roda dan rel kereta. Dari hasil simulasi diketahui bahwa penurunan kekuatan material rel oleh pengaruh suhu dan timbulnya tegangan termal dapat mempercepat akumulasi regangan geser yang tentunya dapat mempercepat terjadinya kegagalan material.