Journal article
Studi Pengelolaan Model Manajemen Pemeliharaan GARPU TALA di PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bali Timur
Dewa Ayu Nancy Cahyani RUKMI SARI HARTATI WAYAN GEDE ARIASTINA
Volume : 18 Nomor : 2 Published : 2019, August
Majalah Ilmiah Teknologi Elektro
Abstrak
Dalam rangka memastikan keandalan penyulang tetap terjaga, PT. PLN rutin melakukan pemeliharaan jaringan tegangan menengah (JTM), yang bertujuan untuk memastikan keandalan SAIDI SAIFI tetap terjaga. Adapun kondisi sebelumnya adalah terjadi pola pemeliharaan yang berbeda di setiap UP3, yang menyebabkan indeks keandalan menjadi kurang baik. Untuk itu dikembangkan metode yang dapat mengoptimalkan pemeliharaan, dengan menyempurnakan metode berbasis manajemen aset dengan menambahkan inspeksi ground patrol (inspeksi visual cepat), pengoptimalan durasi dan jadwal pemadaman dengan penyatuan jadwal di section yang sama, serta pelaporan dan tindak lanjut harian hasil inspeksi. Metode tersebut dinamakan Gerakan ARmada PedUli penyulang dan TindAk Lanjut (GARPU TALA), halmana dengan penerapan metode tersebut didapatkan pemeliharaan yang lebih terstruktur dan efektif, yang tercermin dari hasil indeks SAIDI di tahun 2018 mengalami penurunan 17 mnt/pelanggan(8,23%) dan indeks SAIFI yang mengalami penurunan 1,72 kali/pelanggan, jika dibandingkan dengan indeks SAIDI SAIFI tahun 2017. Kata Kunci— Keandalan, SAIFI, SAIDI, GARPU TALA, Pemeliharaan Jaringan Tegangan Menengah.