Journal article

PROGRAM RUANG PERANCANGAN PONDOK PESANTREN DI KABUPATEN JEMBRANA, BALI

Fikri Yogaswara NGAKAN KETUT ACWIN DWIJENDRA WIDIASTUTI

Volume : 7 Nomor : 1 Published : 2019, January

JA Unud

Abstrak

ABSTRACT PROGRAM RUANG PERANCANGAN PONDOK PESANTREN DI KABUPATEN JEMBRANA, BALI Fikri Yogaswara1), Ngakan Ketut Acwin Dwijendra2), dan Widiastuti3) 1)Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Udayana fikriyogaswara17@gmail.com 2)Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Udayana acwin@unud.ac.id 3)Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Udayana wiwiedwidiastuti@unud.ac.id Education is one system where every indifidualism has certain Education standards that must be taken to have a better social status. Pondok Pesantren is one of the Islamic Educational institutions in which have special rules to instill charac- ter based on religion, discipline, and mental strength to build personality to be better. The formation of character in de- signing a design that is in accordance with the criteria in creating an appropriate design and able to pay attention to the civitas behavior in it and the analysis of space needs as one of the basic forms to create spaces that as a means of teaching and learning activities. The architectural space program in designing the building of Pondok Pesantren can be done by doing programming in stages, namely: Funsional Program, Performance Program and Architectural Program. Keywords: Religion, Social, Education, Space Program, Pondok Pesantren ABSTRAK Pendidikan adalah salah satu sistem dimana setiap indifidualisme memiliki standar Pendidikan tertentu yang wajib ditempuh untuk memiliki status sosial yang lebih baik. Pondok Pesantren adalah salah satu lembaga Pendidikan Islam yang didalamnya memilki aturan-aturan khusus untuk menanamkan karakter berbasis keagamaan, kedisiplinan, dan kekuatan mental untuk membangun kepribadian untuk menjadi lebih baik. Pembentukan karakter dalam merancangan sebuah rancangan yang sesuai dengan adanya kriteria dalam menciptakan sebuah desain yang sesuai dan mampu memperhatikan prilaku civitas didalamnya dan analisis kebutuhan ruang sebagai salah satu bentuk dasar untuk menciptakan ruang-ruang yang sebagai sarana kegiatan belajar mengajar. Program ruang yang bersifat arsitektural dalam merancanag bangunan Pondok Pesantren dapat dilakukan dengan melakukan pemprograman secara bertahap yaitu: Program Funsional, Program Performansi dan Program Arsitektural. Kata Kunci: Agama, Sosial, Pendidikan, Program Ruang, Pondok Pesantren