Journal article

PUSAT PEMBERDAYAAN ANAK-ANAK DIFABEL DI GIANYAR, BALI

Surya Pradnyana I DEWA GEDE AGUNG DIASANA PUTRA I GUSTI AGUNG BAGUS SURYADA

Volume : 6 Nomor : 1 Published : 2018, February

Jurnal Arsitektur Universitas Udayana

Abstrak

Perancangan pusat pemberdayaan anak-anak difabel memelukan perhatian khusus pada perancangan ruang yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari mereka. Contohnya ruang kelas untuk tunadaksa banyak ditemui belum sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan, maka dari itu perlu kajian dan observasi yang tepat . Tujuan dari penulisan karya ilmiah ini didapat melalui kajian dan observasi secara langsung terhadap standar dan kebutuhan anak-anak difabel. Temuan dari kajian dan observasi ini akan menggunakan empat metode perancangan, yaitu (1) identifikasi masalah, (2) pencarian informasi, (3) membuat ide, (4) evaluasi dan pengajuan alternatif dari sebuah rancangan. Perancangan ruang dalam akan dipengaruhi oleh berbagai faktor dalam proses mendesain, seperti: konsep perancangan, kebutuhan ruang, kegiatan yang dilakukan, pemilihan material, kenyamanan, keamanan, dan estetika. Berdasarkan fungsi dan civitasnya, perancangan fasilitas ini menggunakan tema harmony in behavior yang dirasa sesuai dengan keberagaman difabel yang ada difasilitas ini. Ruang dalam kelas tunadaksa diharapkan nantinya dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi civitas ketika melakukan aktivitas di dalamnya, sehingga terwujud suatu ruang yang sesuai dengan fungsi dari pusat pemberdayaan anak-anak difabel.