Journal article

Pengaruh Faktor Koreksi Pengapian Terhadap Emisi Gas Buang Yang Dihasilkan Pada Kendaraan Jenis Injeksi 1800 Cc

Benny S I GUSTI KETUT SUKADANA I WAYAN BANDEM ADNYANA

Volume : 6 Nomor : 2 Published : 2017, April

Teknik Desain Mekanika

Abstrak

Waktu pengapianmempengaruhi proses pembakaran mesin. Waktu pengapian kurang tepat menyebabkan pembakaran tidak sempurna dan mempengaruhi emisi gas buang. Emisi yang dihasilkan,CO, CO2, dan HC berbahaya bagi kesehatan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian berjudul “Pengaruh Faktor Koreksi Pengapian Terhadap Emisi Gas Buang yang Dihasilkan pada Kendaraan Jenis Injeksi 1800CC”. Penelitian membahas pengaruh koreksi waktu pengapian terhadap emisi gas buang, dilakukan pada koreksi waktu pengapian +2, +1, 0, -1, -2 putaran poros engkol, pada putaran 1000, 1500, 2000, 2500, 3000 Rpm. Penelitian dilakukan untuk mengetahui nilai gas buang tiap koreksi waktu pengapian pada putaran mesin tersebut. Hasil penelitian menunjukkan perubahan waktu pengapian mempengaruhi hasil kandungan emisi. Nilai CO terbaik ketika putaran 1500 Rpm, nilai naik saat divariasikan pengapiannya. Untuk CO2, ketika pengapian dimundurkan nilainya cenderung tinggi. Nilai CO2 terbaik pada putaran 2500 Rpm, semua nilainya tinggi menandakan pembakaran baik. Memajukan dan memundurkan pengapiannya, memiliki efek yang sama yaitu menaikkan nilai HC. Nilai HC terbaik saat koreksi putaran 2000 Rpm, cenderung stabil.