Journal article

Analisa kontrol suspensi dengan delapan DOF untuk memperbaiki stabilitas arah kendaraan

I Ketut Adi Atmika I GUSTI AGUNG KADE SURIADI

Volume : 9 Nomor : 2 Published : 2016, October

Jurnal Energi Dan Manufaktur (JEM)

Abstrak

Eksperimen ini bertujuan untuk memperoleh respon body moving yang sangat rendah sehingga kenyamanan dan keamanan penumpang dapat terpenuhi, dengan mengatur konstanta damper dan level dudukan pegas secara kontiniu dengan menggunakan kontrol neuro fuzzy yang mengambil parameter input kecepatan kendaraan, sudut belok steer, getaran body , sudut kemiringan body, anggukan body maka diharapkan damper ratio menjadi rendah (baik) untuk segala medan operasi dan timbul efek down-roll pada body kendaraan saat kendaraan belok. Metode eksperimen menggunakan simulasi dengan data-data plant, baik untuk suspensi kontrol PID maupun yang sudah menggunakan kontrol fuzzy secara kontiniu.Validasi hasil kinerja antara suspensi kontrol PID dan suspensi kontiniu kontrol fuzzy dianalisa dengan menggunakan diagram bode, Nichols, Pole Zero dan Niquist Hasil menunjukan bahwa respon body moving dengan control fuzzy rolling guling tertinggi berkisar -2 sampai 2 artinya respon yang sangat rendah, sedangkan respon body moving dengan PID tertinggi -3 sampai dengan 3 dan terendah -2 sampai dengan 2. Kesimpulannya respon body moving menggunakan control fuzzy lebih baik dibandingkan dengan menggunakan PID. Oleh karena itu disarankan untuk menindak lanjuti eksperimen ini pada berbagai merk kendaraan dan diaplikasikan untuk memperoleh kenyaman dan keamanan penumpang.