Journal article

ANALISIS KINERJA PELAYANAN GARDU TOL PADA JALAN TOL BALI MANDARA

Volume : 4 Nomor : 1 Published : 2016, January

Jurnal Spektran

Abstrak

Pada masa sekarang, jalan tol sangat berperan terhadap kelancaran arus lalu lintas, terutama didaerah yang sedang berkembang salah satunya Nusa Dua. Pada saat ini belum diketahui karakteristik kedatangan kendaraan dan karakteristik pelayanan gardu tol. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk menganalisis karakteristik tingkat kedatangan kendaraan, untuk menganalisis karakteristik tingkat pelayanan gardu tol, untuk menganalisis kinerja pelayanan gardu tol dan untuk menganalisis jumlah gardu tol optimal sesuai dengan tingkat kedatangan kendaraan pada gerbang masuk jalan tol Bali Mandara. Hasil analisis menunjukkan karakteristik kedatangan kendaraan gardu tol tunai dan gardu tol elektronik Gerbang Tol Benoa berdistribusi poisson. Karakteristik pelayanan gardu tol 1, gardu tol 2 dan gardu tol 3 Gerbang Tol Benoa berdistribusi eksponensial negatif. Kinerja sistem pelayanan gardu tol tunai dengan disiplin antrian FVFS adalah: n = 1,131 kendaraan/menit, q = 0,230 kendaraan/menit, d= 0,128 menit, dan w= 0,026 menit. Kinerja sistem pelayanan gardu tol elektronik dengan disiplin antrian FIFO adalah: n = 0,000923 kendaraan/menit, q = 0,000001 kendaraan/menit, d= 0,001668 menit, dan w= 0,000002 menit. Hasil analisis biaya gabungan pada gardu tol tunai menunjukkan bahwa kondisi optimal untuk kedatangan pada saat ini dapat tercapai jika hanya 1 gardu tol yang dibuka.