Journal article
Genetic K-Means Algorithms, ASSU Analisis Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Menggunakan Model Pembelajaran ASSURE berbasis Project-Based Learning
Asri Prameshwari RUKMI SARI HARTATI Made Sudarma
Volume : 17 Nomor : 3 Published : 2018, September
Majalah Ilmiah Teknologi Elektro
Abstrak
Sistem pembelajaran yang telah diterapkan dan dikembangkan bertujuan untuk meningkatkan, menguasai, memahami, dan menerapkan materi belajar untuk kemudian dijadikan suatu kompetensi dasar. Penelitian ini menganalisa hasil peningkatan kompetensi mahasiswa dalam mata kuliah teknologi informasi di STIKes Wira Medika Bali pada jenjang S1 Keperawatan dengan menggunakan sistem pembelajaran ASSURE berbasis Project-Based Learning. Metode yang digunakan dalam pengelompokkan hasil peningkatan tersebut menggunakan Genetic K-Means Algorithms, Metode ini dipilih karena mempunyai kinerja lebih optimal dari K-Means sederhana. Algoritma ini yang menggunakan natural selections untuk opitimalisasi menentukan initial seeds. Penentuan jumlah cluster yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak tiga cluster dengan kategori tinggi, sedang dan rendah. Hasil dari penelitian ini untuk kategori sedang meningkat dengan range 3,92% dan 14%, untuk kategori rendah meningkat 31,37% dan 74%, untuk kategori tinggi menurun 35,29% dan 60%.