Journal article

PEMBOBOTAN PENILAIAN ASPEK KESELAMATAN DI ZONA KERJA PADA MASA PELAKSANAAN PROYEK PENINGKATAN JALAN

DEWA KETUT SUDARSANA MAYUN NADIASA I B Made Artamana

Volume : 14 Nomor : 1 Published : 2016, October

JURNAL TEKNIK SIPIL-UAJY

Abstrak

Keselamatan Jalan merupakan isu yang mengemuka dari tahun ke tahun dan saat ini sudah menjadi permasalahan global. Hal ini dapat dilihat dengan dicanangkannya Decade of Action for Road Safety 2010-2020 oleh Perserikatan Bangsa Bangsa. Upaya pencegahan keselamatan dijalan selama masa pelaksanaan peningkatan jalan telah diatur dalam kontrak pelaksanaan jalan. Namun cara penilaian pemeriksaan keselamatan di jalan pada zona kerja pelaksanaan peningkatan jalan belum diteliti. Metode deskriptif digunakan untuk mengidentifikasi atribut terkait aspek keselamatan di zona kerja pekerjaan jalan. Hirarki dan pembobotan penilaian masing masing atribut menggunakan metode Proses Hirarki Analitikal (PHA). Hasil rancangan pembobotan pada level kreteria medapatkan 4 kreteria pembagian zona kerja secara teurut dari bobot kepentingan yang lebih besar adalah zona kerja; zona pendekat; zona taper awal dan zona taper akhir dengan bobot adalah 59%; 27%; 9% dan 6%. Bobot penilaian atribut alternative untuk kreteria zona pendekat adalah: rambu peringatan ada pekerjaan jalan; rambu petunjuk penggunaan lajur; jarak zona pendekat; rambu peringatan penyempitan lajur jalan dan rambu peringatan batas kecepatan, dengan bobot masing-masing adalah: 46%; 23%; 15%; 11%; 5%. Bobot penilaian atribut alternative untuk kreteria zona taper awal adalah: pemasangan kerucut/guardrail; pemasangan reflector pada pertemuan taper awal dengan zona kerja; persyaratan panjang taper minimum dengan bobot masing-masing: 53%; 30%; 17%. Penilaian atribut untuk kreteria zona kerja adalah: panjang zona kerja minimum: lebar zona kerja minimum; pemasangan kerucut/guardrail; dan jarak antar zona kerja minimum, dengan bobot masing-masing: 70%; 15%; 9%; 6%. Dan bobot penilaian atribut untuk kreteria zona penjauh adalah: pemasangan kerucut/guardrail dan diikuti dengan persyaratan panjang taper akhir minimum, dengan bobot masing-masing: 82%; 18%.