Journal article

ANALISIS KEPUASAN SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (SKPD) DAN REKANAN TERHADAP KINERJA UNIT LAYANAN PENGADAAN (ULP) PEMERINTAH KABUPATEN BADUNG

Putu Budayasa I Made Alit Karyawan Salain MAYUN NADIASA

Volume : 4 Nomor : 1 Published : 2016, January

Jurnal Spektran

Abstrak

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah,proses pengadaan barang/jasa dilaksanakan oleh suatu unit yang disebut Unit Layanan Pengadaan (ULP). ULP Pemerintah Kabupaten Badung dibentuk pada tahun 2011 dimana dalam melaksanakan proses pengadaan barang/jasa sering mendapatkan praduga negatif dari pihak yang berhubungan dengan unit tersebut yaitu pihak SKPD dan Rekanan. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dilakukan evaluasi terhadap pelayanan yang telah diberikan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan SKPD dan Rekanan terhadap kinerja Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemerintah Kabupaten Badung serta untuk mengetahui pengaruh lima dimensi kualitas pelayanan yang mempengaruhi kepuasan SKPD dan Rekanan yaitu Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy. Penentuan sampel menggunakan teknik Simple Random Samplingyaitu 30 dari SKPD dan 71 dari Rekanan.Pengukuran tingkat kepuasan dilakukan dengan cara membandingkan skor harapan dengan skor persepsi responden terhadap kenyataan pelayanan yang diterima. Sedangkan untuk mengetahui dimensi yang mempengaruhi kepuasan Rekanan dan kepuasan SKPD dilakukan dengan mencari model persamaan regresi linear bergandasehingga diketahui pengaruh atau hubungan antara variabel baik secara parsial maupun secara simultan. Hasil analisis diskriptif menyatakan tingkat kepuasan SKPD terhadap pelayanan ULP Pemerintah Kabupaten Badung secara keseluruhan adalah sebesar 86,28%, dimana faktor yang paling mempengaruhi kepuasan tersebut adalahAssurance. Tingkat kepuasan Rekanan adalah sebesar 86,4% dimana faktor yang paling mempengaruhi kepuasan tersebut adalahTangible. Hasil analisis inferensial menyatakan bahwa kelima dimensi tersebut berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap kepuasan baik SKPD maupun Rekanan. Kata Kunci : Unit Layanan Pengadaan, Kepuasan, Pengadaan Barang/Jasa