Journal article

ANALISIS KEPUASAN SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (SKPD) DAN REKANAN TERHADAP KINERJA UNIT LAYANAN PENGADAAN (ULP) PEMERINTAH KABUPATEN BADUNG

Volume : 4 Nomor : 1 Published : 2016, January

Jurnal Spektran

Abstrak

TERHADAP KINERJA UNIT LAYANAN PENGADAAN (ULP) PEMERINTAH KABUPATEN BADUNG Putu Budayasa1, I M.Alit K. Salain2, Mayun Nadiasa2 Abstrak:Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah,proses pengadaan barang/jasa dilaksanakan oleh suatu unit yang disebut Unit Layanan Pengadaan (ULP). ULP Pemerintah Kabupaten Badung dibentuk pada tahun 2011 dimana dalam melaksanakan proses pengadaan barang/jasa sering mendapatkan praduga negatif dari pihak yang berhubungan dengan unit tersebut yaitu pihak SKPD dan Rekanan. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dilakukan evaluasi terhadap pelayanan yang telah diberikan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan SKPD dan Rekanan terhadap kinerja Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemerintah Kabupaten Badung serta untuk mengetahui pengaruh lima dimensi kualitas pelayanan yang mempengaruhi kepuasan SKPD dan Rekanan yaitu Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy. Penentuan sampel menggunakan teknik Simple Random Samplingyaitu 30 dari SKPD dan 71 dari Rekanan.Pengukuran tingkat kepuasan dilakukan dengan cara membandingkan skor harapan dengan skor persepsi responden terhadap kenyataan pelayanan yang diterima. Sedangkan untuk mengetahui dimensi yang mempengaruhi kepuasan Rekanan dan kepuasan SKPD dilakukan dengan mencari model persamaan regresi linear bergandasehingga diketahui pengaruh atau hubungan antara variabel baik secara parsial maupun secara simultan. Hasil analisis diskriptif menyatakan tingkat kepuasan SKPD terhadap pelayanan ULP Pemerintah Kabupaten Badung secara keseluruhan adalah sebesar 86,28%, dimana faktor yang paling mempengaruhi kepuasan tersebut adalahAssurance. Tingkat kepuasan Rekanan adalah sebesar 86,4% dimana faktor yang paling mempengaruhi kepuasan tersebut adalahTangible. Hasil analisis inferensial menyatakan bahwa kelima dimensi tersebut berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap kepuasan baik SKPD maupun Rekanan. Kata Kunci : Unit Layanan Pengadaan, Kepuasan, Pengadaan Barang/Jasa REGIONAL WORK UNIT AND PARTNER COMPANY SATISFACTION ANALYSIS ON THE PERFORMANCE OF PROCUREMENT SERVICE UNIT OF BADUNG REGENCY Abstract:Based on Presidential Decree Number 54 Year 2010 concerning Government Procurement of Goods / Services. Procurement process carried out by a unit called the Procurement Service Unit (PSU). In Government of Badung Regency, PSU was formed in 2011wich often get a negative presumption of those associated with the Unit is the Regional Work Unit and Partner Company when carry out the procurement process. Under these conditions it is necessary to evaluate the services given. The research aimed to determine the level of satisfaction Regional Work Unit and Partner Company of the performance of the Procurement Unit of Badung Regency and to investigate the influence of the five dimensions of service quality and satisfaction levels wich is Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance and Empathy. Sampling using simple random sampling with a sample of 30 of Regional Work Unit and 71 of the Partner Company. Measuring the level of satisfaction is done by comparing the scores of hope with a score of respondents' perceptions of reality services received. While to know the factors that influence satisfaction of Partner company and regional work unit done by searching multiple linear regression model. The analysis was conducted to determine the effect or the relationship between variables, either partially or simultaneously. The results of descriptive analysis expressed Regional Work Unit satisfaction level is 86.28%, which factors most influence satisfaction is Assurance. Partner Company satisfaction level is 86.4% which factors most influence satisfaction is Tangible. Results inferential analysis states that the fifth dimension is influenced