Journal article

Perbandingan nilai ekivalen mobil penumpang antara MKJI dengan metode regresi linier berganda pada jalan perkotaan satu arah

I NYOMAN WIDANA NEGARA ANAK AGUNG NGURAH AGUNG JAYA WIKRAMA

Volume : 20 Nomor : 1 Published : 2016, January

OJS Unud

Abstrak

Arus lalu lintas dinyatakan ke dalam satuan mobil penumpang (smp) menggunakan suatu faktor konversi yang disebut ekivalensi mobil penumpang (emp). Penelitian terhadap nilai emp di Kota Denpasar sebelumnya telah dilakukan oleh Juniarta (2012) dan Sudarsana (2013), dimana masing-masing memperoleh nilai yang berbeda dengan ketentuan dalam Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Atas dasar tersebut, maka dilakukan penelitian terhadap nilai emp pada jalan dua lajur satu arah (2/1). Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan nilai emp berdasarkan kondisi lalu lintas saat ini serta membandingkannya dengan nilai emp dalam MKJI. Penelitian dilakukan pada Jalan Thamrin yang merupakan salah satu ruas jalan utama di Kota Denpasar. Pengumpulan data volume lalu lintas dilakukan dengan menggunakan kamera video, sedangkan data lapangan lainnya diperoleh melalui pengamatan secara langsung pada lokasi penelitian. Metode regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis nilai emp, selanjutnya perbandingan nilai emp dilakukan secara kualitatif. Dari hasil analisis regresi diketahui bahwa nilai emp pada jalan tipe 2/1 dengan arus lalu lintas per lajur > 1050 kend/jam, yaitu: KB = 1,97 dan SM = 0,08. Setelah dilakukan uji kelayakan, nilai emp KB signifikan pada tingkat kepercayaan 90%, sedangkan nilai emp SM signifikan pada tingkat kepercayaan 95%. Hasil perbandingan menunjukkan bahwa nilai emp KB dalam MKJI (1,20) lebih kecil sebanyak 39% dari hasil penelitian, sebaliknya nilai emp SM dalam MKJI (0,25) lebih besar sebanyak 212,5% dari hasil penelitian.