Journal article
Rancang Bangun Sistem IT-Helpdesk Untuk Maintenance dan Tutorial Aplikasi Simplebiz Menggunakan Metode Forward Chaining dan Certainty Factor
I Gusti Ngurah Wira Partha RUKMI SARI HARTATI LIE JASA
Volume : 20 Nomor : 2 Published : 2021, December
Majalah Ilmiah Teknologi Elektro
Abstrak
Aplikasi simplebiz merupakan sebutan umum dari 20 aplikasi bisnis berbasis desktop yang telah dibangun dan dikembangkan oleh PT. Bamboomedia Cipta Persada. Sampai saat ini jumlah pengguna dari aplikasi simplebiz di seluruh Indonesia telah mencapai 10.508 orang, sedangkan jumlah technical support pada divisi IT-helpdesk di PT. Bamboomedia Cipta Persada hanya 2 orang. Berdasarkan dari permasalahan tersebut, maka diperlukan sebuah sistem yang dapat digunakan oleh pengguna aplikasi simplebiz untuk memperoleh solusi dari kendala yang dialami layaknya berkonsultasi secara langsung dengan seorang technical support, sehingga diharapkan mampu membantu para technical support pada divisi IT-helpdesk di PT. Bamboomedia Cipta Persada dalam menangani sekaligus mengurangi jumlah pengaduan yang diterima baik secara bertatap muka, melalui telepon, SMS, maupun melalui aplikasi chat. Pada penelitian ini telah berhasil dirancang dan dibangun sebuah sistem IT-helpdesk untuk maintenance dan tutorial aplikasi simplebiz menggunakan metode forward chaining dan certainty factor, dimana melalui hasil uji coba yang telah dilakukan pada sistem, menghasilkan persentase keyakinan dari solusi yang dihasilkan oleh sistem terhadap masalah yang dihadapi pengguna aplikasi simplebiz sebesar 89% dan tingkat keyakinan dari output terhadap kontribusi penyelesaian masalah tersebut adalah HAMPIR PASTI.