Journal article

PENGARUH SISTEM PENGHARGAAN, TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM), SISTEM PENGUKURAN KINERJA, DAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL

Ni Putu Linda Rosalina Indah Swari I WAYAN PRADNYANTHA WIRASEDANA

Volume : 21 Nomor : 1 Published : 2017, October

E Jurnal Akuntansi Universitas Udayana

Abstrak

Menilai keberhasilan pihak manajerial bukanlah hal yang mudah, hal ini disebabkan karena kinerja manajerial lebih bersifat abstrak dan kompleks jika dibandingkan dengan kinerja karyawan yang pada umumnya bersifat konkret. Kinerja manajerial merupakan salah satu cara untuk menentukan apakah tujuan perusahaan yang telah ditentukan sebelumnya tercapai atau tidak. Strategi manajerial tidak hanya dalam hal biaya, namun juga dapat berupa kualitas produk/jasanya. Salah satu pendekatan dalam menghadapi era globalisasi yang semakin ketat ini ialah dengan menerapkankonsep total quality management serta strategi mempersiapkan diri dengan mengembangkan kualitas karyawan dan manajer dengan tujuan meningkatkan kualitas proses produksi dan produktivitas secara optimal dan berkelanjutan. Penerapan sistem penghargaan didalam perusahaan akan dapat meningkatkan kualitas kinerja dari para individu dalam perusahaan karena dengan adanya reward berarti mereka mendapatkan suatu penghargaan yang layak atas hasil kinerjanya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sistem penghargaan, total quality management, sistem pengukuran kinerja dan ketidakpastian lingkungan terhadap kinerja manajerial. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengunduh data melalui situs resmi Disparda Badung. Metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang di gunakan adalah Teknik Analisis Linier Berganda. Berdasarkan hasil analisis penelitian ditemukan bahwa sistem penghargaan, total quality management, sistem pengukuran kinerja, dan ketidakpastian lingkungan berpengaruh terhadap kinerja manajerial. Penelitian ini, diharapkan dapat bermanfaat sebagai bahan pertimbangan dalam praktek akuntansi manajemen pada hotel berbintang di Kabupaten Badung. Kata kunci: sistem penghargaan, total quality management, sistem pengukuran kinerja, ketidakpastian lingkungan, kinerja manajerial