Journal article
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KOMUNIKASI, DAN BUDAYA ORGANISASIONAL TERHADAP DISIPLIN KERJA PEGAWAI KONTRAK
Cok Gede Bagus Sandi Rahadian I Gusti Made Suwandana
Volume : 8 Nomor : 6 Published : 2019, June
E Jurnal Manajemen Unud
Abstrak
Disiplin kerja ialah cara yang digunakan suatu instansi untuk mempengaruhi tingkah laku pegawainya agar taat terhadap ketentuan dan aturan dalam instansi. Agar pegawai memiliki disiplin kerja yang tinggi, suatu instansi perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi, komunikasi, dan budaya organisasional terhadap disiplin kerja pegawai kontrak Dinas Kebudayaan Provinsi Bali.Penelitian ini dilakukan di Dinas Kebudayaan Provinsi Bali. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 53 orang pegawai kontrak, dengan metode sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuisioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa gaya kepemimpinan, motivasi, komunikasi, dan budaya organisasional berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja. Hal ini berarti semakin baik gaya kepemimpinan, motivasi, komunikasi, dan budaya organisasional yang diterapkan oleh instansi maka akan semakin tinggi pula tingkat disiplin kerja pegawai.