Journal article
PERAN SIKAP PADA IKLAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH KREDIBILITAS AL GHAZALI SEBAGAI ENDORSER TERHADAP NIAT BELI Studi Pada Produk Mens Biore Cool Oil Clear Di Kota Denpasar
Volume : 4 Nomor : 3 Published : 2015, March
E-Journal Manajemen Universitas Udayana
Abstrak
ABSTRAK Periklanan merupakan salah satu strategi bersaing dalam menarik perhatian konsumen. Penggunaan celebrity endorser dalam iklan menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan niat beli produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sikap pada iklan dalam memediasi pengaruh kredibelitas celebrity endorser terhadap niat beli produk men’s biore cool oil clear di Kota Denpasar. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan metode non probability sampling pada 100 responden di Kota Denpasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kredibilitas celebrity endorser memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel sikap pada iklan dan niat beli produk men’s biore cool oil clear. Kemudian, variabel sikap pada iklan yang menjadi variabel intervening juga memiliki pengaruh signifikan dan memediasi pengaruh kredibilitas celebrity endorser terhadap niat beli produk men’s biore cool oil clear. Kata kunci: periklanan, kredibilitas celebrity endorser, sikap pada iklan, niat beli ABSTRACT Advertising is one of the strategies to compete in attracting the attention of consumers. The use of celebrity endorser in ads into one solution in improving the intention to buy the product. This research aims to know the role of attitude on advertising in the mediated influence of credible celebrity endorser's intention to buy men's biore products cool clear oil in the city of Denpasar. The collection of data using questionnaires with non probability sampling method on 100 respondents in the city of Denpasar. The results showed that the celebrity endorser's credibility variable has a positive and significant influence of variables on attitudes and intentions to buy advertising products men's biore cool oil clear. Then, the variable stance on advertising be intervening variables also have a significant influence and mediate the influence of celebrity endorser's credibility against the intentions of purchasing biore men's cool oil clear. Keywords: advertising, celebrity endorser's credibility, attitude toward advertising, purchase intention