Journal article

PERAN SIKAP DALAM MEMEDIASI PENGARUH KESADARAN LINGKUNGAN TERHADAP NIAT BELI ULANG PRODUK MINUMAN KEMASAN HIJAU

I Made Yudi Martana I GUSTI AGUNG KETUT SRI ARDANI

Volume : 7 Nomor : 10 Published : 2018, October

E-Journal Manajemen Universitas Udayana

Abstrak

Konsumen yang peka terhadap kondisi lingkungan sekitar tentu memiliki sikap yang baik pula untuk sadar akan kelestarian lingkunganya sehingga akan lebih memudahkan untuk munculnya niat beli ulang suatu produk hijau di masa mendatang dan mempertahankan sikap positifnya. Penelitian ini dilakukan pada konsumen yang sudah pernah membeli produk minuman kemasan hijau di Kota Denpasar. Metode yang digunakan untuk menentukan sampel adalah nonprobability berbentuk purposive sampling, jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 120 orang responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara, dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kesadaran lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peran sikap; (2) kesadaran lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang; (3) peran sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang; (4) sikap berperan sebagai variabel mediasi antara variabel kesadaran lingkungan dan niat beli ulang. Kata kunci: peran sikap, kesadaran lingkungan, niat beli ulang