Journal article

PENGARUH LINGKUNGAN SITUASIONAL TERHADAP NIAT MEMBELI KEMBALI PADA RESTORAN INFORMAL DI KABUPATEN BADUNG

Agus Nanda Yudistira I GUSTI AGUNG KETUT SRI ARDANI

Volume : 5 Nomor : 5 Published : 2016, May

E-Jounal ManajemenUnud

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan situasional terhadap niat membeli kembali pada restoran informal di kabupaten Badung. Objek dalam penelitian ini adalah konsumen restoran informal di kabupaten Badung. Penelitian ini dilakukan di kabupaten Badung, karena kabupaten Badung memiliki potensi perkembangan jumlah restoran yang sangat pesat. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan proposive sampling melalui kuisioner yang diberikan secara langsung. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data yang telah dikumpulkan diolah dengan menggunakan teknik analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini menunjukan ke lima variable bebas (lingkungan fisik, lingkungan sosial, perspektif waktu, tujuan pembelian, dan suasana hati) berpengaruh signifikan terhadap niat membeli kembali pada restoran informal di kabupaten Badung. Kata Kunci: lingkungan situasional, niat membeli kembali. ABSTRACT This study aims to determine the effect of situational environment on the intention to buy back the informal restaurant in Badung regency. The object of this research is that consumers informal restaurant in Badung regency. This research was conducted in Badung, Badung regency has the potential for the development of the number of restaurants is very rapid. The samples used were 100 respondents. Data collection technique used proposive sampling through questionnaires given directly. Source data used are primary data and secondary data. The collected data were processed using linear regression analysis techniques. These results indicate to five independent variables (physical environment, social environment, the time perspective, the purpose of purchase, and mood) significantly affects the intention to buy back the informal restaurant in Badung regency. Keywords: situational environment, the intention to buy back.