Journal article

PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DAN EKUITAS MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN

Volume : 4 Nomor : 8 Published : 2015, August

E-Journal Manajemen Universitas Udayana

Abstrak

ABSTRAK Loyalitas merupakan aset berharga bagi perusahaan. Khususnya dalam sengitnya persaingan bisnis telekomunikasi saat ini, perusahaan menerapkan berbagai langkah strategis demi menjaga eksistensi konsumennya dalam menggunakan produk. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh komunikasi pemasaran terpadu dan ekuitas merek terhadap loyalitas konsumen provider selular Simpati di kota Denpasar. Lokasi penelitian ini adalah pada sejumlah agen penjual provider selular yang tersebar di kota Denpasar dengan menggunakan teknik sampling cluster dan jumlah sampel sebanyak 115 orang. Melalui analisis regresi berganda diperoleh koefisien dari variabel komunikasi pemasaran terpadu (X1) senilai 0, 442 dan koefisien regresi ekuitas merek (X2) senilai 0,314. Saran yang dapat diberikan adalah mempertahankan dan mengembangkan strategi komunikasi pemasaran terpadu serta membangun ekuitas merek yang kuat untuk meraih loyalitas konsumen yang maksimal. Kata kunci: Loyalitas konsumen, komunikasi pemasaran terpadu, ekuitas merek. ABSTRACT Loyalty is the priceless asset for the company. Nowadays, especially in the hard battle of communication business, the company used many strategic ways to keep the existence of their customers for using their products. Doing of this research is to test the cause of integrated marketing communication and brand equity to customer loyalty in Denpasar. The location of this research, placed in many provider agent that spreaded around Denpasar, with cluster sampling technique and used 115 respondent. With double regression analysis, shows the coefficient regression of integrated marketing communication (X1) is 0,442 and the coefficient regression of brand equity (X2) is 0,314. The conclusion for the company is to build and protect the massive strategy of integrated marketing communication and brand equity, to get the maximum costumer loyalty. Keyword : Customer loyalty, integrated marketing communication, brand equity.