Journal article
HUBUNGAN FAKTOR DEMOGRAFI DAN STIMULUS LINGKUNGAN INTERNAL TOKO DENGAN PEMBELIAN IMPULSIF
Volume : 3 Nomor : 7 Published : 2014, July
E-Journal Manajemen Universitas Udayana
Abstrak
ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor demografi memiliki hubungan yang signifikan dengan pembelian impulsif di Supermarket Tiara Dewata dan juga untuk mengetahui apakah stimulus lingkungan internal toko memiliki hubungan yang signifikan dengan pembelian impulsif di Supermarket Tiara Dewata. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar, tepatnya di Supermarket Tiara Dewata dengan sampel penelitian berjumlah 170 responden. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling dan metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu kuesioner dengan Skala Guttman sedangkan teknik analisis data menggunakan Analisis Deskriptif dan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada karakteristik demografi hanya jenis kelamin saja yang memiliki hubungan yang signifikan dengan pembelian impulsif, sedangkan pada variabel stimulus lingkungan internal toko, hanya layout toko atau tata letak toko saja yang memiliki hubungan signifikan dengan pembelian impulsif. saran bagi manajemen Supermaket Tiara Dewata adalah hendaknya mendisplay produk di pintu masuk toko dan juga hendaknya selalu melakukan pengecekan pada lampu penerangan, alat pewangi dan juga audio di dalam toko. Kata kunci : Faktor Demografi, Stimulus Lingkungan Internal Toko, Pembelian Impulsif ABSTRACT The purpose of this study was to determine whether demographic factors had a significant association with impulsive purchases at supermarkets Tiara Dewata and also to determine whether a store environmental stimulation had a significant association with impulsive purchases at supermarkets Tiara Dewata. This research was conducted in the city of Denpasar , Bali precisely in Supermarket Tiara Dewata with sample was 170 respondents. The technique used is purposive sampling and data collection methods in this study , namely a questionnaire with a Guttman scale , while data analysis techniques using descriptive analysis and chi square test. The results showed that the demographic characteristics of gender just who has a significant relationship with impulsive purchases , while the stimulus variable stores the internal environment , only the layout of the store that has a significant relationship with impulse purchases. suggestions for the management of the supermaket Tiara Dewata should display the product at the entrance of the store and also should always check the lighting , audio instrument, and also fragrances in-store. Keywords : Demographic Factors, Store Environmental Stimulation , Impulsive Purchase