Journal article

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADAAL PT BPR BALIDANA NIAGA DENPASAR

Volume : 4 Nomor : 5 Published : 2015, August

E-Journal Manajemen Universitas Udayana

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas layanan (bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empathy) pada kepuasan nasabah di PT BPR Balidana Niaga Denpasar. Sampel dalam studi ini adalah sebanyak 100 orang yang diambil dengan menggunakan metode proportionate stratified random sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empaty berpengaruh secara simultan pada kepuasan nasabah dengan nilai Fhitung (85,421) > Ftabel (3,07). Selain itu, bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empaty berpengaruh secara parsial pada kepuasan nasabah. Kata kunci : kepuasan nasabah, kualitas layanan.