Journal article
PENGARUH KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER, DAYA TARIK IKLAN, DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP EKUITAS MEREK (BRAND EQUITY) DARI PRODUK SAMPO L’OREAL PADA KONSUMEN WANITA (Studi Kasus Di Kota Denpasar)
Volume : 3 Nomor : 7 Published : 2014, August
E-Journal Manajemen Universitas Udayana
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kredibilitas celebrity endorser, daya tarik iklan dan kepuasan pelanggan terhadap ekuitas merek (brand equity) dari produk sampo L’oreal pada konsumen wanita di Kota Denpasar dengan ukuran sampel yang diambil sebanyak 140 responden dengan metode purposive sampling. Data didaptkan melalui penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala Likert 5 poin untuk mengukur 14 indikator.Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi linear berganda. Penelitian ini menghasikan bahwa masing-masing variabel kredibilitas celebrity endorser, daya tarik iklan dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek (brand equity). Saran bagi perusahaan dan pemasar adalah dalam pemilihan endorser haruslah yang memiliki kredibilitas yang baik, demikian juga iklan yang ditampilkan mampu membuat ikatan emosional dengan audiens dan meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menjaga konsistensi kualitas dari produk. Kata Kunci : Kredibilitas Celebrity Endorser, Daya Tarik Iklan, Kepuasan Pelanggan, Ekuitas Merek