Journal article

PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP REPUTASI PERUSAHAAN YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN PELANGGAN (STUDI PADA PT. COCA COLA AMATIL DENPASAR)

Volume : 4 Nomor : 4 Published : 2015, February

E-Journal Manajemen Universitas Udayana

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh corporate social responsibility terhadap reputasi perusahaan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan dengan studi yang dilakukan pada PT. Coca Cola Amatil Denpasar. Penelitian ini menggunakan riset kualitatif yaitu dengan menggunakan observasi dan kuesioner terhadap 120 konsumen dari produk PT. Coca Cola Amatil di Kota Denpasar. Teknik analisis data yang digunakan adalah structural equation modeling (SEM). Diperoleh temuan bahwa CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap reputasi perusahaan. Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap reputasi perusahaan. Terakhir, kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi dalam pengaruh CSR terhadap reputasi perusahaan. Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, Reputasi Perusahaan, Kepuasan Pelanggan