Journal article

Analisis Faktor Penentu Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

AYU DESI INDRAWATI Desak Ketut Sintaasih, I Made Artha Wibawa Ni Putu Santi Suryantini

Volume : 6 Nomor : 1 Published : 2016, March

JUIMA - Jurnal Ilmu Manajemen

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat menentukan prestasi belajar mahasiswa yang menempuh mata kuliah Aplikasi Analisis Kuantitatif di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Hal ini disebabkan karena berdasarkan observasi awal yang dilakukan banyak mahasiswa yang beranggapan bahwa mata kuliah AAK sangat sulit dimengerti dan dipahami, dan ada beberapa mahasiswa yang harus menempuh mata kuliah ini beberapa kali karena tidak lulus sebelumnya. Penelitian dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, dengan mengambil sampel penelitian adalah 3 kelas AAK di S1 reguler dan 3 kelas AAK di S1 non reguler pada semester ganjil 2013/2014. Sampel yang diperoleh untuk penelitian ini adalah sebanyak 120 sampel. Alat analisis yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian tersebut adalah analisis faktor eksploratori. Analisis ini akan mereduksi 17 variabel yang digunakan dalam penelitian menjadi beberapa faktor. Hasil analisis penelitian ini menyimpulkan bahwa ada empat faktor yang harus dipertimbangkan ataupun diperhatikan dan dapat menentukan prestasi belajar mahasiswa yang menempuh mata kuliah AAK meningkat adalah motivasi instrinsik mahasiswa, kemampuan profesional dosen, lingkungan sosial, dan kemampuan personal dosen.