Journal article

Pengaruh Reputasi Perusahaan, Deskripsi Pekerjaan, dan Kompensasi yang Ditawarkan Perusahaan terhadap Minat Melamar Pekerjaan

Octavianus Sumardana AGOES GANESHA RAHYUDA Desak Ketut Sintaasih,

Volume : 19 Nomor : 2 Published : 2014, August

Buletin Studi Ekonomi

Abstrak

Proses rekrutmen merupakan salah satu langkah awal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Permasalahan yang terjadi dalam proses rekrutmen saat ini terkait dengan masih sedikitnya penelitian mengenai cara membangun sistem rekrutmen perusahaan dengan mempertimbangkan masukan-masukan dari lingkungan eksternal perusahaan, khususnya calon karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi calon karyawan tentang pengaruh reputasi perusahaan, deskripsi pekerjaan, dan kompensasi yang ditawarkan terhadap minat calon karyawan melamar pekerjaan di perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa aktif reguler semester 8 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Populasi pada objek penelitian sebanyak 269 orang dan dengan sampel responden sebanyak 73 orang. Metode penentuan sampel menggunakan metode proportional stratified random sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah bahwa masing-masing variabel reputasi perusahaan, deskripsi pekerjaan dan kompensasi yang ditawarkan perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melamar pekerjaan. Variabel yang paling dominan dalam meningkatkan minat melamar pekerjaan adalah deskripsi pekerjaan.