Journal article
Peran Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Produk Oriflame Di Kota Denpasar)
Kadek Ayu Arisma Dewi NI MADE ASTI AKSARI
Volume : 6 Nomor : 11 Published : 2017, October
OJS Ejurnal Ekonomi dan Bisnis
Abstrak
Fenomena terbesar yang sedang dihadapi dunia ditengah perkembangan era globalisasi adalah terjadinya pemanasan global dan kerusakan lingkungan. Salah satu penyebab pemanasan global adalah dampak dari pemakaian produk yang berbahaya secara terus-menerus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran brand image didalam memediasi pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian (studi Kasus Produk Oriflame Di Kota Denpasar ). Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar. Jumlah sampel yang digunakan berjumlah 100 responden dan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis jalur (path analysis) dengan pembuktian menggunakan Uji Sobel. Hasil analisis menunjukan bahwa green marketing secara signifikan berpengaruh terhadap brand image dan keputusan pembelian dan Brand image juga secara signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Brand image secara signifikan mampu memediasi pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian. Kata kunci: brand image, green marketing, keputusan pembelian ABSTRACT The biggest phenomenon facing the world in the middle of the development of globalization era is the occurrence of global warming and environmental damage. One of the cause of global warming is the impact of continuous use of hazardous products. This study aims to determine the role of brand image in mediating the influence of green marketing on purchase decision (Case Study of Oriflame Products in Denpasar). This research was conducted in Denpasar City. The number of sample used is 100 respondents using purposive sampling technique. Data was collected using Likert scaled questionnaires and analysed using path analysis technique and Sobel test. The result shows that green marketing significantly affect brand image and purchase decisions, and brand image also significantly affects purchase decision. Additionally, brand image has a significant role in mediating the influence of green marketing on purchase decision. Keywords: brand image, green marketing, purchase decision