Journal article
Analisis Perbandingan Brand Equity Produk Indocafe dengan Good Day di Kota Denpasar
Made Pramana Putra NI MADE ASTI AKSARI
Volume : 7 Nomor : 9 Published : 2018, July
E Jurnal Manajemen Unud
Abstrak
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan ekuitas merek antara produk Kopi Indocafe dengan produk Kopi Bubuk Good day. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar. Penentuan Kota Denpasar sebagai lokasi penelitian didasarkan pada data Badan Pusat Statistik Tahun 2016 yang menunjukkan Kota Denpasar sebagai daerah yang memiliki tingkat pengeluaran makanan dan non-makanan tertinggi di Provinsi Bali. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode Purposive Sampling, dan teknik analisis data menggunakan Analisis Deskriptif dan Uji Beda T-Test. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan kesadaran merek (brand awareness), asosiasi merek (brand association), persepsi kualitas (perceived quality), dan loyalitas merek (brand loyalty) antara produk kopi bubuk instan merek Indocafe dengan merek Good Day di kota Denpasar. Kata kunci: perbandingan, merek, ekuitas merek ABSTRACT The purpose of this research is to examine brand equity differences between Indocafe Coffee and Good Day Coffee powder. This research was conducted in Denpasar. Denpasar was chosen as the research location because Denpasar has the highest food and non-food expenditure level in Bali Province based on the data from the Central Bureau of Statistics 2016. The number of samples used is 150 respondents using Purposive Sampling method, and the data analysis technique used is Descriptive Analysis and T-Test technique. Based on the research result, it shows that there are differences in brand awareness, brand association, perceived quality and brand loyalty between Indocafe and Good Day instant coffee powder products. Keywords: comparison, brand, brand equity