Journal article

KUALITAS PELAYANAN, PARTISIPASI ANGGOTA DAN PENGARUHNYA TERHADAP SHU KOPERASI FUNGSIONAL (Studi Kasus KPRI di Kabupaten Badung Provinsi Bali)

Volume : 5 Nomor : 1 Published : 2016, January

E-JURNAL EKONOMI PEMBANGUNAN UNIVERSITAS UDAYANA

Abstrak

ABSTRAK Koperasi merupakan salah satu wadah ekonomi yang menjadi kekuatan perekonomian di Indonesia.Jumlah unit KPRI di Kabupaten Badung terendah dibandingkan dengan Kabupaten/Kota lainnya di provinsi Bali. Kualitas pelayanan dan partisipasi anggota diharapkan akan mampu meningkatkan jumlah sisa hasil usaha (SHU) yang diperoleh koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh langsung kualitas pelayanan dan partisipasi anggota terhadap sisa hasil usaha (SHU) dan pengaruh tidak langsung kualitas pelayanan terhadap sisa hasil usaha (SHU) melalui partisipasi anggota.Penelitian ini dilakukan pada tujuh Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) yang aktif dan melaksanakan RAT tahun 2014 di Kabupaten Badung. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, dengan mengambil 98 sampel dengan mengunakan metode purposive proporsional random sampling sedangkan metode analisis yang digunakan yaitu analisis Faktor Konfirmatori dan Analisis Jalur atau path analysis untuk mengetahui pengaruh langsung serta Uji Sobel untuk mengetahui pengaruh tidak langsung. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap partisipasi anggota. Kualitas pelayanan dan partisipasi anggota berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap sisa hasil usaha (SHU). Kualitas pelayanan berpengaruh tidak langsung signifikan terhadap sisa hasil usaha (SHU) melalui partisipasi anggota. Berarti partisipasi anggota merupakan variabel intervening dari kualitas pelayanan dan sisa hasil usaha (SHU). Kata kunci: kualitas pelayanan, partisipasi anggota, sisa hasil usaha (SHU) ABSTRACT The cooperative is one of the strengths of economic container in the Indonesia economy. The number of units in the district Badung KPRI lowest compared with other district/city in the province of Bali. Service quality and member participation is expected able to increase the amount of net income (SHU) obtained cooperatives. This study aims to determine the direct effect of service quality and participation of the members of net income (SHU) and theindirect influence between the quality of service to net income (SHU) through the participation of members. This study was conducted in seven Employees Cooperative Republic of Indonesia ( KPRI ) are active and carry out RAT 2014 in Badung . The data used in this study are primary data , by taking 98 samples using the method of proportional random purposive sampling while the analysis method used is the analysis of Confirmatory Factor Analysis and Path or path analysis to determine the influence of direct and Sobel test to determine the effect is not immediate. The analysis showed that the quality of services and significant positive direct effect on the participation of members. Quality of service and the direct participation of members of a positive and significant impact on operating results (SHU). Indirectly affect service quality significantly to net income (SHU) through the participation of members. Means the participation of members of an intervening variable of service quality and operating results (SHU). Keywords: quality of service, the participation of members, net income (SHU)