Journal article

Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi

Luh Putri Wedayanti I Gde Ary Wirajaya

Volume : 24 Nomor : 3 Published : 2018, September

E- Jurnal Akuntansi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan dalam memoderasi hubungan pengungkapan CSR pada nilai perusahaan. Penelitian ini mengambil objek pada perusahaan pertambangan dan menggunakan periode selama 3 tahun yaitu dari tahun 20142016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausalitas. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Terdapat 21 perusahaan pertambangan yang memenuhi kriteria sebagai sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA). Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi mampu memperkuat pengaruh pengungkapan CSR pada nilai perusahaan. Artinya, semakin besar ukuran perusahaan dan semakin banyak pengungkapan CSR perusahaan maka dapat meningkatkan nilai perusahaan