Journal article

PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN INTELLECTUAL CAPITAL PADA KINERJA PASAR

Maria Magdalena Ni Made Meilany Subadi I Gde Ary Wirajaya

Volume : 14 Nomor : 3 Published : 2016, March

E- Jurnal Akuntansi

Abstrak

Kinerja perusahaan merupakan hal penting yang harus dicapai oleh setiap perusahaan, karena kinerja merupakan cerminan dari kemampuan perusahaan dalam mengelola dan mengalokasikan sumber dayanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pengungkapan corporate social responsibility dan intellectual capital pada kinerja pasar perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 130 perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 perusahaan Manufaktur. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel corporate social responsibility secara statistik berpengaruh negatif pada kinerja pasar perusahaan Manufaktur. Sedangkan variabel intellectual capital secara statistik tidak berpengaruh terhadap kinerja pasar perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2014. Kata