Journal article
PENGARUH KESADARAN LINGKUNGAN TERHADAP PERSEPSI KONSUMEN DAN NIATBELI PRODUK LAMPU LED PHILIPS DIKOTA DENPASAR
A.A. Ngurah Bagus Jaya Krisnanda I Nyoman Nurcaya
Volume : 8 Nomor : 2 Published : 2019, February
E Jurnal Manajemen Unud
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh kesadaran lingkungan terhadap persepsi konsumen pada produk lampu LED Philips, untuk mengetahui pengaruh kesadaran lingkungan dan persepsi konsumen terhadap niat beli produk Lampu LED Philips, serta untuk mengetahui peran persepsi konsumen dalam memediasi variabel kesadaran lingkungan terhadap niat beli produk Lampu LED Philips. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang memiliki keinginan membeli lampu LED Philips di Kota Denpasar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 110 sampel. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran lingkungan berpengaruh positif dan signfikan terhadap persepsi konsumen pada produk Lampu LED Philips di Kota Denpasar. Kesadaran lingkungan berpengaruh positif dan signfikan terhadap niat beli produk Lampu LED Philips di Kota Denpasar. Persepsi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli produk Lampu LED Philips di Kota Denpasar. Persepsi konsumen secara positif dan signifikan memediasi pengaruh kesadaran lingkungan terhadap niat beli produk lampu LED di Kota Denpasar. Kata kunci:kesadaran lingkungan, persepsi konsumen, niat beli