Journal article

MEMBANGUN NIAT BELI IPHONE MELALUI EWOM DAN BRAND IMAGE

Rizky Darmawan I Nyoman Nurcaya

Volume : 7 Nomor : 9 Published : 2018, September

E- Journal Manajemen Unud

Abstrak

Niat beli merupakan niat seseorang dalam suatu proses pembelian, apakah orang tersebut berniat membeli produk atau tidak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh EWOM terhadap brand image, pengaruh EWOM terhadap niat beli, pengaruh brand image terhadap niat beli serta peran brand image dalam memediasi hubungan EWOM dengan niat beli produk Iphone. Populasi dalam penelitian ini adalah warga Kota Denpasar yang berniat membeli produk Iphone. Penentuan sampel dalam penelitian ini memakai teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 110 orang. Teknik analisis yang dipakai yaitu teknik analisis jalur atau path analysis dan Uji Sobel. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara EWOM dengan brand image, EWOM dengan niat beli, brand image dengan niat beli. Brand image dapat berperan sebagai variabel mediasi antara pengaruh EWOM dengan niat beli. Hasil tersebut menandakan bahwa EWOM yang positif dapat meningkatkan brand image serta mampu meningkatkan niat beli konsumen terhadap produk Iphone. Kata Kunci : brand image, EWOM, niat beli