Journal article
PERAN KEPEDULIAN PADA LINGKUNGAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP NIAT PEMBELIAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN
Ni Putu Ari Supandini Komang Agus Satria Pramudana
Volume : 6 Nomor : 7 Published : 2017, July
E- Journal Manajemen Unud
Abstrak
Kesadaran konsumen untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup saat ini mulai meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh green marketing terhadap niat pembelian produk ramah lingkungan dimediasi oleh kepedulian pada lingkungan studi pada kosmetik merek The Body Shop. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala likert. Jumlah sampel sebanyak 100 responden dan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif menjelaskan profil responden, sedangkan statistik inferensial berupa analisis faktor konfirmatori, analisis jalur, dan uji sobel digunakan untuk menguji hipotesis yang dirumuskan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa green marketing secara signifikan berpengaruh terhadap kepedulian pada lingkungan. Green marketing berpengaruh secara signifikan terhadap niat pembelian produk ramah lingkungan. Kepedulian pada lingkungan berpengaruh secara signifikan terhadap niat pembelian produk ramah lingkungan. Kepedulian pada lingkungan secara signifikan memediasi pengaruh green marketing terhadap niat pembelian produk ramah lingkungan produk kosmetik merek The Body Shop. Kata kunci: green marketing, kepedulian pada lingkungan, niat pembelian produk ramah lingkungan