Journal article

PERAN BRAND IMAGE DALAM MEMEDIASI PENGARUH SPONSORSHIP TERHADAP NIAT BELI MOTOR YAMAHA DI KOTA DENPASAR

I G. P. Sidhi Wikramayana Komang Agus Satria Pramudana

Volume : 4 Nomor : 3 Published : 2015, March

E- Journal Manajemen Unud

Abstrak

Sponsorship merupakan salah satu cara pemasaran yang berkembang pesat dewasa ini. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan lebih dekat produk perusahaan kepada konsumen. Cara ini menjadi populer dengan harapan akan meningkatkan niat beli konsumen terhadap produk tersebut. Di tengah proses sponsorship yang baik, informasi tentang produk yang diterima oleh konsumen akan menciptakan citra merek yang dikenal dengan sebutan brand image. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sponsorship terhadap niat beli dengan brand image sebagai variabel pemediasi. Melihat potensi pasar kendaraan bermotor, khususnya sepeda motor di Indonesia, maka penelitian ini mengangkat objek niat beli sepeda motor merk Yamaha dengan responden yang merupakan pengguna sepeda motor selain merk Yamaha di Kota Denpasar pada tahun 2014. Metode survey dilakukan dengan teknik wawancara menggunakan kuisioner yang diukur dengan skala likert. Data jawaban responden dianalisis menggunakan statistik inferensial dan statistic deskriptif dengan regresi Baron and Kenny Steps disertai Uji Sobel untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan. Hasil penelitian ini menunujukkan variabel brand image mampu memediasi pengaruh sponsorship terhadap niat beli konsumen. Kata kunci : sponsorship, brand image, niat beli