Journal article
Dampak Globalisasi Pasar dan Produksi, Ditengah Lingkungan Bisnis Nasional
ANAK AGUNG GEDE AGUNG ARTHA KUSUMA Komang Agus Satria Pramudana
Volume : 11 Nomor : 2 Published : 2017, August
Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan
Abstrak
Studi ini mendalami bagaimana konsumen mengevaluasi produk dengan membedakan asal merk dengan lokasi produksi akibat dari adanya multiple country of origin. pertama, studi ini menguji pengaruh citra kuat signal dari produk fashion, ditunjukan bahwa, persepsi kualitas, kesadaran merk, dan kesadaran fashion memiliki hubungan yang kuat terhadap kemauan membeli. Analisa kedua, elemen citra negara yang lemah, dipasangkan dengan ethnocentrism tidak memiliki pengaruh moderasi terhadap hubungan kesadaran merk, persepsi kualitas, kesadaran fashion kepada kemauan membeli, selanjutnya studi ini menganalisa bagaimana interaksi antara citra negara dan citra merk mempengaruhi keputusan pembelian. Proses analisis data menggunakan regresi PLS, dengan total responden 173 orang. Hasil analisis menghasilkan kesimpulan bahwa dalam mengaveluasi produk fashion, kekuatan citra merk lebih berpengaruh dibandingkan citra negara produk fashion itu diproduksi terhadap kemauan membeli, sedangkan untuk sikap ethnocentric konsumen, terbukti tidak mampu memiliki peran terhadap pengaruhnya kepada globalisasi pasar dan produksi, dimana pada studi ini diterjemahkan dengan variabel country of origin.