Journal article

Peran inovasi produk memediasi orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran produsen makanan oleh-oleh khas Bali

Putu Diah Saraswati I Wayan Santika

Volume : 8 Nomor : 12 Published : 2019, December

E-jurnal Manajemen Unud

Abstrak

ABSTRAK Meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke Bali membuat adanya kecenderungan wisatawan untuk membeli oleh-oleh khas Bali, hal tersebut akan mempengaruhi penjualan dari produsen makanan oleh-oleh khas Bali yang merupakan ukuran dari kinerja pemasaran produsen tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran inovasi produk dalam memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner secara langsung dan menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) serta uji sobel. Hasil analisis menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk dan kinerja pemasaran. Inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Inovasi produk berperan secara signifikan memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Kata Kunci: orientasi pasar, inovasi produk, kinerja pemasaran ABSTRACT The increasing number of tourist visits to Bali makes the tendency of tourists to buy Balinese souvenirs, this will affect the sales of Balinese souvenirs which are a measure of the producers' marketing performance. The purpose of this study was to analyze the role of product innovation in mediating the effect of market orientation on marketing performance. The sample used was 100 people. Data was collected by distributing questionnaires directly and using a Likert scale. The data analysis technique used is path analysis (path analysis) and sobel test. The results of the analysis show that market orientation has a positive and significant effect on product innovation and marketing performance. Product innovation has a positive and significant effect on marketing performance. Product innovation plays a significant role in mediating the effect of market orientation on marketing performance. Keywords: market orientation, product innovation, marketing performance