Journal article

Peran brand image dalam memediasi pengaruh electronic word of mouth terhadap niat beli

Ida Bagus Gede Ari Suyoga I Wayan Santika

Volume : 7 Nomor : 6 Published : 2018, June

E-Journal Manajemen Universitas Udayana

Abstrak

ABSTRAK Makanan merupakan hal yang penting karena merupakan kebutuhan pokok manusia. Richeese Factory adalah sebuah jariangan rumah makan siap saji asal Indonesia dengan menu ayam goreng pedas dengan saus keju yang merupakan anak perusahaan dari Kaldu Sari Nabati. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran brand image dalam memediasi pengaruh electronic word of mouth terhadap niat beli produk Recheese Factory di Denpasar. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 100 responden dan menggunakan teknik non-probability sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik anlisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Brand image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Brand image positif dan signifikan memediasi pengaruh antara electronic word of mouth terhadap niat beli. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah Richeese Factory harus lebih meningkatkan inovasi dan membuka cabang lebih banyak sehingga akan memberikan dampat atau manfaat yang positif yang lebih bagi konsumen untuk lebih tahu produk yang dimiliki Richeese Factory. Kata kunci: brand image, electric word of mouth, niat beli. ABSTRACT Food is an important thing becuase is a basic human need. Richeese Factory is a fast food restaurant from Indonesia with a menu of spicy fried chicken with cheese sauce which is a subsidiary of Kaldu Sari Nabati. This study aims to explain the role of brand image in mediating the influence of electronic word of mouth on the purchase intention of Recheese Factory products in Denpasar. Data collection in this study using questionnaires. The number of samples is 100 respondents and using non-probability sampling technique. The analysis technique used in this research is path analysis technique Based on the results of the analysis found that electronic word of mouth has a positive and significant effect on purchasing intentions. Brand image has a positive and significant influence on buying intentions. Brand positive and significant image mediates the influence between electronic word of mouth on buying intentions. Suggestions that can be given based on the results of research is Richeese Factory should further increase innovation and open more branches so that will provide more positive dampat or benefits for consumers to better know the products owned Richeese Factory. Kata kunci: brand image, electric word of mouth, purchase intention