Journal article
PENGARUH PERSEPSI HARGA, ORIENTASI MEREK, DAN ORIENTASI BELANJA TERHADAP NIAT BELI FASHION ONLINE
Volume : 4 Nomor : 4 Published : 2015, April
E-Journal Manajemen Universitas Udayana
Abstrak
Online shopping telah menjadi tren dan fenomena bisnis pada saat ini di Indonesia. Niat membeli merupakan pernyataan mental konsumen yang merefleksikan mengenai rencana pembelian sejumlah produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, orientasi merek, dan orientasi belanja terhadap niat membeli fashion online pada mahasiswa di Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda, dengan jumlah sampel sebanyak 90 responden yang ditetapkan dengan teknik purposive sampling. hasil penelitian memaparkan bahwa secara simultan variabel persepsi harga, orientasi merek, dan orientasi belanja berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli fashion online. Secara parsial menunjukkan bahwa variabel persepsi harga dan orientasi belanja berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli fashion online, pada variabel orientasi merek berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap niat membeli fashion online pada mahasiswa di Kota Denpasar. Kata Kunci : persepsi harga, orientasi merek, orientasi belanja, niat beli, online shopping.